7 Modal Menjadi Penulis

Artikel720 views

Apakah Anda ingin menjadi penulis? Bila Ya! Maka anda harus terlebih dahulu menjadi manusia yang super. Modal anda untuk menjadi penulis hanya ada 7 :

1. Memiliki niat untuk menulis

Segala perbuatan dan tindakan didasarkan pada niat, begitu pula dengan menulis. Tanpa adanya niat untuk menulis maka akan sulit kita menggerakkan tangan dan jari jemari kita untuk menulis apa yang ada di benak kita. Meskipun timbul ide yang dartang silih berganti tapi tanpa adnya niat untuk merekamnya dalam tulisan mustahil kita mempunyai tulisan untuk mendokumntasikan ide yang hadir dalam benak kita.

2. Mulai menulis

Tulis dan tulis apa yang ingin ditulis, jika belum mampu menulis satu cerita, tulislah minimal satu paragraf perhari, jika memang belum mampu menulislah satu kalimat perhari dan jika masih belum mampu satu kalimat, tulislah satu kata dalam satu hari. Mulai menulis harus diawali dari yang paling mudah dan mampu kita kerjakan. Janganlah dulu membayangkan tulisan kita tidak enak dibaca atau tidak pantas untuk konsumsi publik, tapi tekadkan sebagai bahan ajar untuk menulis minimal satu kata perhari. Itu sebagai awal kita menulis.

3. Memiliki Tekad yang kuat dan keuletan untuk berlatih

Bulatkan tekad untuk konsisten dalam menulis, menulis bukan menunggu mood, itu salah besar. Moodlah yang kita kendalikan dan kita manage untuk keselarasan dalam menulis. Meskipun terkadang kita mengalami writer’s block, namun bukan alasan untuk berhenti menulis. (baca : cara mengatasi writer’s block)

4. Rajin membaca buku, koran, cerita di internet, bergaul, buka pikiran untuk mendapatkan banyak informasi dari berbagai sumber.

Berbagai cara untuk menambah wawasan dalam menulis, baik cerita fiksi maupun non fiksi adalah dengan banyak-banyak membaca, untuk apa ? Tentunya disamping menambah kosa kata dalam menulis, juga sebagai bahan survai atau menyelaraskan pengetahuan yang akan dituangkan dalam tulisan. Baik cerita fiksi maupun non fiksi diperlukan pengetahuan yang memadai sebagai rentetan tulisan yang tentunya akan membuat plot atau alur cerita bisa tidak bertolak belakang dengan logika.

5. Jangan malas untuk menulis setiap hari

Sudah dijelaskan di awal bahwa tulislah minimal satu kata tiap harinya untuk melatih atau sebagai latihan kita menulis, jangan malas dan jangan abaikan hal kecil yang akan membawa kita pada kesukseskan di kemudian hari.

6. Jangan malas merevisi tulisan anda (rewriting)

Tahap berikutnya adalah merevisi atau mengedit tulisan yang kita buat sebelumnya. Tahapan ini walaupun agak sulit tapi harus kita lakukan untuk menyempurnakan setiap kata setia bait yang sudh kita tulis. Jika perlu ajak teman atau saudara untuk membaca tulisan kita, karena bukan tidak mungkin pendapat teman akan membantu menyempurnakan tulisan yang sedang di revisi.

7. Fokus

Fokus dan konsisten dalam menulis langkah yang baik untuk menghasilkan tiap tulisan yang kita buat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.