Cara Jitu Mengawali Menulis

Artikel885 views

Bagi penulis pemula, mengawali menulis adalah suatu problem sendiri. Bingung mau dari mana dalam mengawali menulis, apa yang ditulis dan bagaimana menulis yang baik. Karena yang terbayang adalah begitu nulis hasil langsung baik.

Jawaban dari pertanyaan di atas adalah MENULIS. Loh kok ? Ya. Menulis adalah suatu keterampilan dalam menata kata, mengolah kalimat untuk bisa dinikmati pembaca. Tulisan yang baik adalah tulisan yang mengandung unsur pesan. Tergantung dari penulis yang akan memberi pesan apa dalam tulisan yang dibuatnya.

Di atas sudah disinggung bahwa menulis adalah suatu keterampilan, maka dengan demikian cara terbaik dalam belajar menulis adalah dengan menuis. Sejauh mana kita belajar maka sejauh itu pula keterampilan kita dapatkan. Tapi semakin malas atau enggan untuk belajar, keterampilan menulis hanya akan sampai pada khayalan tanpa perbuatan.

Jadi seberapa sering kita berlatih, maka akan semakin terampil kita memainkan kata. Sedangkan media untuk menulis tergantung pada kita, melalui apa yang lebih nyaman. Bisa di buku, gawai, komputer, laptop atau di mana saja yang penting bisa untuk menulis. Bila kita belum mempunyai sarana yang menunjang dengan perangkat digital, lebih efisien dengan menggunakan media buku.

Dengan menggunakan media buku, biaya yang kita keluarkan juga akan terkendali disamping itu, menulis menggunakan buku bisa dilakukan di mana saja, di rumah, waktu jemput anak sekolah, atau di mana saja ada waktu tinggal menggoreskan pena.

Itu baru media menulis. Selanjutnya bagaimana bila tulisan kita bisa dinikmat oleh semua penduduk bumi ? [woww…]. Kita bisa upload tulisan kita di blog, wattpad, Facebook, Instagram atau media osial yang lain. Pamer dong kalau begitu… Ya kita pamer dengan tulisan kita. Pamer untuk menunjukan jati diri kita sebagai penulils. Karena dengan begitu pada akhirnya pembaca lambat laun akan mengenal kita. Inilah yang disebut personal branding. [kita bahas lain waktu]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.