Tentang Kelas Menulis Tinta

Diposting pada 78 views

Ada yang bertanya, “Kak kalau selesai ikutan Kelas Menulis Tinta apa harus buat buku”

Pertanyaan tersebut terlontar dari peserta KMT di salah satu angkatan. Simpel tapi perlu jawaban yang bisa dipahami.

KMT atau Kelas Menulis Tinta merupakan kelas yang diprakarsai oleh Komunitas Laskar Tinta atau lebih dikenal dengan LATIN. Kelas ini bertujuan untuk membantu para penulis pemula untuk lebih mengenal tentang literasi.

Kita tahu dan sangat memahami bahwa, di awal kami mengenal dunia litetasi, betapa sulit dalam mencari mentor atau pengajar dalam berbagi ilmu/ penhetahuan literasi. Program gratis (tapi bersyarat) yang kami jalani ataupun berbayar hingga beberapa waktu dalam penggemblengan yang pada akhirnya awal tahun 2021 kami bersepakat membentuk kelas pengajaran berbagi pengetahuan tentang literasi secara free atau bebas biaya.

Kembali ke pertanyaan di atas, apakah harus membuat buku setelah selesai dalam Kelas Menulis Tinta ?

Jawabannya

Tidak

KMT tidak mewajibkan pesertanya untuk membuat buku.

Kami maklumi bahwa, dalam kelas tersebut bukan hanya penulis pemula.

Kalau kita golongkan ada 3 katagori mengikuti kelas,

  1. Peserta yang serius belajar (pemula). Peserta yang serius belajar dan ingin mewujudkan impiannya dalam mengikuti KMT.
  2. Peserta mencari teman. Apakah salah ? Tidak salah, dengan banyak teman dalam satu perjuangan menggiatkan literasi maka akan membangkitkan motivasi yang tak akan putus, terlebih jika terikat dalam satu komunitas
  3. Peserta iseng. Peserta yang hanya iseng keluar masuk group.

Jadi pada intinya KMT tidak mewajibkan peserta untuk membuat buku, tapi disayangkan jika kesempatan yang ada disia-siakan.

Untuk katagori pertama yang serius belajar, KMT mempunyai program lanjutan berupa Kelas Lanjutan bagi serius ingin didampingi menulis buku solo.

Juga Kelas Antologi yang siap memberi fasilitas peserta yang akan menulis kumpulan cerita, puisi ataupun artikel. Kelas Antologi ini juga bisa sebagai “batu loncat” dalam penulisan buku solo.

Karena kita bisa banyak belajar dari beberapa penulis dalam satu buku, sebab penulis satu dengan yang lain memiliki karakter yang berbeda.

Ada juga Program Bantu Terbit. Program ini untuk  peserta dan juga umum dalam pendampingan penerbita Bagi yang punya naskah dan mau diterbitkan bisa melalui Program Bantu Terbit. Program ini sudah termasuk editing, layout, cover dan ISBN.

Itulah sekilas tentang Kelas Menulis Tinta yang saat ini sedang memasuki angkatan ke 3.

Bagus Sugiarto
Author: Bagus Sugiarto

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *