Kiprah Latin Dalam Literasi

Diposting pada 78 views

Setelah sukses menyelesaikan Kelas Menulis Tinta Angkatan pertama dan kedua, kini Laskar Tinta sedang bersiap untuk menggarap Kelas Menulis Tinta Angkatan ketiga.

Salah satu upaya nyata dari Komunitas Laskar Tinta atau lebih akrab dengan sebutan Latin yang dibentuk pada tahun 2018 ini adalah dengan memberikan materi dasar kepenulisan. Baik katagori fiksi dan nonfiksi.

Kelas Menulis Tinta yang dibidani oleh Trio Latin Agung Pramono, S.Pd. (TangSel), Eka Wiyati, M.Pd.I. (Lampung), dan Bagus Sugiarto (Sampit) ini mampu menarik para peserta hingga angkatan pertama dan kedua mendapat apresiasi yang luar biasa. Hal ini dilihat dari jumlah kuota yang ditargetkan dalam setiap angkatan.

Bukan hanya kelas materi dasar yang dibuka, tapi beberapa kelas seperti antologi dan kelas lanjutan juga sudah dibuka. Kelas antologi atau juga sering disebut nulis bareng merupakan langkah awal proaes dalam menulis. Kita bisa belajar banyak dari teman-teman penulis dalam satu buku. Baik karakter cerita, pemilihan diksi mengangkat konflik dan lain sebagainya. Untuk itu kelas antologi bisa dijadikan alternatif belajar mandiri untuk melangkah menjadi penulia solo.

Sedangkan kelas lanjutan merupakan kelas bimbingan khusus dalam menuliskan sebuah buku solo. Mulai dari pembuatan kerangka karangan / Outline, pengembangan ide sampai proses pencetakan buku yang ber-ISBN.

Didukung oleh SDM (narasumber) yang ahli dalam bidangnya, kita berharap Komunitas Latin mampu mencetak penulis-penulis pemula yang siap meramaikan Literasi di Indonesia..

Bagus Sugiarto
Author: Bagus Sugiarto

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *