Blog Adalah Sarana Belajar dan Mengajar

Diposting pada 218 views

Di jagat dunia maya siapa yang tidak kenal dengan blog atau website. Kedua istilah tersebut seakan sudah mendarah daging dengan kehidupan dunia maya. Terlebih jika seseorang yang berkecimpung pada dunia bisnis online, kehadiran blog ataupun website merupakan keharusan yang tidak dapat terpisahkan.

Peranan kedua istilah tersebut jika di telah secara mendalam, memang sangat banyak manfaatnya yang sangat berarti bagi perkembangan informasi yang kian maju.

Sebagai Alat Komunikasi

Disamping menggunakan E mail, YM, Sms ataupun yang lainnya Blog dapat digunakan sebagai media komunikasi dengan berbagai pihak. Misalnya antara pemilik blog yang menjual barang atau jasa dengan calon pelanggan (supplier) ini akan besar sekali pengaruhnya untuk berbagai tujuan bisnis yang dijalankan. Lihat pada membangun List Building.

Sarana Promosi

Sebagus ataupun secerah apapun prospek yang ditawarkan oleh pelaku bisnis tanpa adanya sarana promosi hasilnya akan selalu nihil. Dan salah satu sarana promosi bisa menggunakan website maupun blog yang dikelola dengan professional.

Sarana Belajar Mengajar

Pada masa pandemi ini, berbagai media pembelajaran sangat angat diperlukan dan sangat menunjang komunikasi antara guru dengan siswa. Pembelajaran jarak jauh yang memaksa penguasaan teknologi informatika lebih awal dikuasai dari tanpa terduga sebelumnya. Whatsapp, instagram, IG, Class Room dan tak terkecuali Blog.

Menurut Mayor Nani, pemateri Belajar menulis Gelombang 18 mengatakan bahwa,Guru di instansi mana saja yang membedakan adalah siswanya. Jika guru TK atau SD pasti anak-anak, demikian jika guru SMP dan SMA pasti para remaja. Saya pribadi mengajar personel militer dan PNS di lingkungan TNI, khususnya TNI AL. Mereka mayoritas sudah menikah dan usianya tidak muda lagi seperti saya. Namun mereka masih semangat untuk belajar dengan berbagai tujuan.

Dari segi keperluan juga bermacam-macam,ada yang belajar karena persiapan sekolah atau misi di luar negeri atau ada yang ingin mengikuti jenjang pendidikan yang lebih tinggi dan kursus bahasa Inggris menjadi salah satu syarat untuk mengikuti pendidikan tersebut. Atau bahkan ada yang ingin menjadi guru bagi putra putrinya di rumah sehingga dapat membantu mereka dalam memecahkan persoalan bahasa Inggris.

Lebih lanjut Mayor Nani mengungkapkan bahwa, jika melihat kondisi demikian para siswa saya cenderung heterogen dalam usia, background pendidikan, pangkat dan jabatan. Kadang-kadang heterogen dalam hal kemampuan bahasa Inggris mereka. Untuk mencari calon siswa dengan kemampuan homogen di lingkungan saya cukup susah karena mereka yang minat belajar bahasa Inggris yang diijinkan instansinya, tidak banyak. Adakalanya mereka yang mengikuti kursus bahasa karena kewajiban.

Berbeda dengan pembelajaran dengan WA ataupun classroom, menggunakan blog merupakan hal baru yang terkadang perlu keahlian khusus bagi para siswa dalam penguasaan hal teknologi.

Blog sebagai salah satu media untuk menyimpan materi ajaran yang kemudian bisa di share ke group whatsapp. Demikian juga para siswa juga bisa memanfaatkan blog senagai sarana mengerjakan tugas yng emudan di share melalui whatsapp. Teman-teman dapat memberi komen tentang isi dari blog mereka.

Sebagai penulis, blog juga merupakan sarana menyebarkan hal-hal yang bersifat edukasi. Pengalaman hidup juga merupakan edukasi yang dapat dibaca orang lain.

Cara melahirkan karya yaitu dengan menulis di blog atau di media sosial lainnya, mengikuti project menulis buku antologi dan menerbitkan buku dengan tulisan sendiri.

Sumber:
Belajar Menulis Gelombang 18
Pemateri: Nani Kusmiyati
Rabu, 16 Juni 2021 Pukul 19.00 WIB

Bagus Sugiarto
Author: Bagus Sugiarto

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *