Program Menulis Buku Mayor Ekoji Akademi

Diposting pada 34 views

Pertemuan ke 14 pada belajar menulis gelombang 18 menampilkan pemateri kita yaitu Prof Eko Indrajit sebagai narasumber. Tema yang diusung pada pertemuan ke 14 ini Kamis 06 Mei 2021 mengambil tema Program Menulis Buku Mayor Ekoji Akademi.

Siapa Prof Eko Indrajit

Richardus Eko Indrajit (Lahir di Jakarta, 24 Januari 1969) atau Eko Indrajit adalah seorang akademisi dan pakar teknologi informatika asal Indonesia. Selain dikenal sebagai pakar teknologi, Eko Indrajit merupakan seorang pendidik, narasumber berbagai seminar, lokakarya, dan penulis buku serta jurnal yang telah dipublikasikan di dalam maupun luar negeri. Kini, ia tercatat sebagai salah satu anggota Pengurus Besar PGRI dan menjadi Ketua PGRI Smart Learning Center and Character (PSLCC) yang berpusat di Gedung Guru Indonesia, PB PGRI, Jalan Tanah Abang III/24 Jakarta Pusat.

Eko Indrajit menikah dengan Lisa A.Riyanto anak bungsu dari penyanyi legendaris Indonesia A.Riyanto dan dikaruniai empat orang anak.

Menulis Buuku Mayor

Pada dasarnya setiap manusia dilahirkan dengan kemampuan menulis sama seperti halnya kita diajarkan untuk bisa membaca. Secara tidak sadar sebenarnya kita sudah menulis setiap harinya berlembar-lembar halaman, baik itu di status FB, menjawab WA, email, dan lain sebagainya. Demikian Prof Eko mengawali materinya.

Banyak orang bingung ingin menulis apa. Menurut Prof Eko, setiap kejadian pada diri kita bisa dijadikan ide menulis seperti pengalaman yang dialami, perasaan yang berkecamuk dalam hati, keinginan melakukan sesuatu dll.

Jadi, tulislah suatu hal yang diSUKAI dan KUASAI. Itu intinya. Kalau kita menuliskah sesuatu yang kita sukai dan kuasai, maka semua akan mengalir dengan mudah.

Demikian permulaaan materi dari prof Eko Indrajit yang selanjutnya diadakan tanya jawab untuk sesi selanjutnya atau komunikasi dua arah.

“Teman-teman ketika bergabung di Belajar Menulis Gel 18 pasti ada keinginan. Boleh saya tahu, keinginan apakah itu?” pertanyaan yang dilempar oleh Prof Eo mengawali komunikasi dua arah.

“Saya ingin buku saya di pajang di rak buku besar sperti gramedia prof😂😂”

“Ingin punya buku dengan orang-orang ternama seperti OmJay, di bawah bendera PGRI”

“Keinginan saya mengikuti grup menulis ini, adalah ingin mengembangkan bakat menulis, dan memiliki buku yang kelak buku itu membawa saya pada kehidupan seribu tahun”

“Saya ingin mewariskan kebaikan pada generasi berikutnya, Prof.”

Berabagai jawaban dari para peserta belajar menulis gelombang 18, yang pada intinya ingin bisa menulis. Mengutip pengalaman Prof sendiri dalam kepenulisan tidak terduga karena isinya hanya 50 kumpulan konsep.

“Buku pertama saya dulu sangat sederhana. Isinya adalah 50 kumpulan konsep yang saya dapatkan dari 50 buku berbeda. Setiap konsep direpresentasikan dalam satu gambar. Dan setiap gambar saya jelaskan dalam 4 halaman. Eh…. ternyata jadi best seller. Saya sendiri tidak menduga.”

Yang pada akhirnya Prof mengajak menuis bareng dengan peserta belajar menulis gelombang 18, yang di sambut dengan antusiasme peserta dengan gembira.

Prof Eko juga memnberi tips bagaimana cara menerbitkan buku dengan bantuan google bagaimana mengaetahui buku yang sedang trend dan dicari orang. Hal ini u ntuk bisa menembus penerbbit mayor.

Links untuk mengetahui seberapa trend calon judul buku yang mau diterbitkan adalah dengan mengetikan judul di links berikut.

https://trends.google.co.id

Dengan bantuan dari google tersebut, diharapkan kita bisa mengetahui seberapa minat pembaca dengan tema yang di usung dalam pembuatan buku.

Demikian sekelumit pencerahan dari Prof Eko Indrajit dalam materi Program Menulis Buku Mayor Ekoji Akademi yang disampaikan pada hari Kamis 06 Mei 2021 yang dismpaikan di belajar menulis gelombang 18.

Bagus Sugiarto
Author: Bagus Sugiarto

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *